Selasa, 15 September 2015

FUNGSI MUSIK


FUNGSI MUSIK
1.   Ekspresi Emosional
Musik memiliki fungsi dalam mengekspresikan ide-ide dan emosi. Di Barat, musik digunakan untuk menstimu- lasi prilaku sehingga dalam masyarakat ada lagu yang menghadirkan ketenangan.Ekspresi musik dalam mengungkapkan ekspresi emosionalnyayang dikaitkan dalam berbagai objek terapan seperti alam, cinta, suka-duka, amarah,dan pikiran. Dengan cara mengotak atik nadasesuai dengan suasana hatinya.
2.   Penikmat Estetis
Pada dasarnya manusia diciptakan Tuhandengan berbagai kemampuan belajar (ability to learn)dan bakat (Talent). tentang apa saja. Selain belajar dari lingkungan alam dan sosialnya.dan belajar dari pengalaman sendiri. Setiap orang memiliki kemampuan dan kecepatan dalam menyerap keindahan musik. Menikmati rasa keindahan orang perlu belajar dalam membiasakan diri mendengar musik kesukaanya. Setiap jenis musik memiliki keunikan melodis, ritmis, dan harmonis, maupun terkait dengankomposisi dan instrumentasinya.
3.   Hiburan
Hiburan adalah suatu kegiatan yang menyenangkan hati bagi seseorang atau publik. Music memiliki fungsi menyenangkan hati,dan membuat rasa puas pada irama, bahasa melodi, atau keteraturan dari harmoninya. Seseorang bisa terpuaskan tidak memahami teks tetapi cukup terhibur hatinya dengan pola-pola melodi,ritme dalam irama musik tertentu.
4.   Komunikasi
Musik digunakan untuk alat komunikasi baik dalam keadaan damai atau perang. Komunikasi bunyi yang menggunakan sangkakala (sejenis terompet) terompet kerang yang dignakan oleh suku-suku bangsa pesisir pantai,kentongan digunakan sebagai komunikasi keamanan Jawa. Dan teriakan-teriakanpun dikenal dalam suku-suku asli yang hdup dipegunungan dan hutan-hutan.Bunyi-bunyi teratur, berpola-pola ritmi,dan menggunakan alur melodiitu menandakan adanya fungsi komunikasi dalam music. Komunikasi elektronik yang menggunakan telepon semakin hari semakin banyak mennggunakan bunyi musical.
5.   Representasi Simbolik
Dalam budaya bangsa ,suku-suku, atau daerah masih mempertahankan tradisi nenek moyangdengan sarana symbol dari nilai tradisi dan budaya setempat. Kesenangan, kesedihan, kesetiaan, kepatuhan, penghormatan, rasa bangga,dan rasa memiliki yang disimbolkan memalui music berupa tarian,syair-syair, dan upacara-upacara.
6.   Respon Sosial
Para pencipta lagu Indonesia sangat peka terhadap kondisi social, tingkat kesejahtraan dan kegelisahan masyarakat. Mereka menciptakan lagu popular yang menyentuh perhatian publik seperti : Bimbo, Ebiet G.Ade, Iwan Fals, Harry Roesli, Gombloh, Ully Sigar Rusady. Umumnya mereka menciptakan lagu berupa kritik social,dan bahkan protes terhadap pemerintah.misalnya PNS,penderitaan anak jalanan, generasi muda tanpa arah.
7.   Pendidikan Norma Sosial
Music media untuk mengajarkan norma-norma,aturan,sekalipun, tidak tertulis namun berlaku ditengah masyarakat. Para pencipta lagu anak seperti Bu Kasur, pak Kasur, Pak Doljono, AT Mahmud, Ibu Sud semua berupa mengajarkan anak-anak berprilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, sayangi teman, dan binatang,patuh pada guru.
8.   Pelestari Budaya
Lagu daerah yang berfungsi sebagai pelestari budayanya,karena tema dan cerita didalam syair menggambarkan budaya secara jelas.Syair lagu berasal dari pantunyang dilantunkan oleh masyarakat adat dan daerah Indonesia. Lagu Jawa klasik yang popular seperti campur sari,keroncong.
9.   Pemersatu Bangsa
Setiap bangsa memiliki lagu kebangsaan   ( National Anthem ) yang mewakili cita rasa estetik, semangat kebangsaan, dan watak dari budaya masing-masing. Lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan wage Rudolf Soepratman adalah lagu music yang diciptakan untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang mendiami daerah wilayah Nusantara yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil.Lagu yang berfungsi sebagai pemersatu bangsa bukan sebagai lagu kebangsaan. Contohnya: Berkibarlah benderaku, Bagimu Negeri, Indonesa Pusaka, Hari Merdeka, Rayuan pulau kelapa, Mars Pancasila, Hallo-hallo bamdung,dan Syukur.
10.   Promosi Dagang
Musik yang dikreasikan untuk kepentingan dagang,kini banyak berkembang seiring dengan laju pertumbuhan iklanyang disiarkan melalui siaran radio dan televisi swasta diJakarta dan kota-kota besar di Indonesia. Music iklan bisa dirancang oleh penciptanya secara baru,tetapi juga ada berbentuk penggalan lagu yang sudah ada/popular,dan digemari segmen pasar yang dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar