FUNGSI MUSIK
1.
Ekspresi
Emosional
Musik memiliki fungsi dalam mengekspresikan ide-ide
dan emosi. Di Barat, musik digunakan untuk menstimu- lasi prilaku sehingga
dalam masyarakat ada lagu yang menghadirkan ketenangan.Ekspresi musik dalam
mengungkapkan ekspresi emosionalnyayang dikaitkan dalam berbagai objek terapan
seperti alam, cinta, suka-duka, amarah,dan pikiran. Dengan cara mengotak atik
nadasesuai dengan suasana hatinya.
2.
Penikmat
Estetis
Pada dasarnya manusia diciptakan Tuhandengan
berbagai kemampuan belajar (ability to learn)dan bakat (Talent). tentang apa
saja. Selain belajar dari lingkungan alam dan sosialnya.dan belajar dari
pengalaman sendiri. Setiap orang memiliki kemampuan dan kecepatan dalam
menyerap keindahan musik. Menikmati rasa keindahan orang perlu belajar dalam
membiasakan diri mendengar musik kesukaanya. Setiap jenis musik memiliki
keunikan melodis, ritmis, dan harmonis, maupun terkait dengankomposisi dan
instrumentasinya.
3.
Hiburan
Hiburan adalah suatu kegiatan yang menyenangkan hati
bagi seseorang atau publik. Music memiliki fungsi menyenangkan hati,dan membuat
rasa puas pada irama, bahasa melodi, atau keteraturan dari harmoninya.
Seseorang bisa terpuaskan tidak memahami teks tetapi cukup terhibur hatinya
dengan pola-pola melodi,ritme dalam irama musik tertentu.
4.
Komunikasi
Musik digunakan untuk alat komunikasi baik dalam
keadaan damai atau perang. Komunikasi bunyi yang menggunakan sangkakala
(sejenis terompet) terompet kerang yang dignakan oleh suku-suku bangsa pesisir
pantai,kentongan digunakan sebagai komunikasi keamanan Jawa. Dan
teriakan-teriakanpun dikenal dalam suku-suku asli yang hdup dipegunungan dan
hutan-hutan.Bunyi-bunyi teratur, berpola-pola ritmi,dan menggunakan alur
melodiitu menandakan adanya fungsi komunikasi dalam music. Komunikasi
elektronik yang menggunakan telepon semakin hari semakin banyak mennggunakan
bunyi musical.
5.
Representasi
Simbolik
Dalam budaya bangsa ,suku-suku, atau daerah masih
mempertahankan tradisi nenek moyangdengan sarana symbol dari nilai tradisi dan
budaya setempat. Kesenangan, kesedihan, kesetiaan, kepatuhan, penghormatan,
rasa bangga,dan rasa memiliki yang disimbolkan memalui music berupa
tarian,syair-syair, dan upacara-upacara.
6.
Respon Sosial
Para pencipta lagu Indonesia sangat peka terhadap
kondisi social, tingkat kesejahtraan dan kegelisahan masyarakat. Mereka
menciptakan lagu popular yang menyentuh perhatian publik seperti : Bimbo, Ebiet
G.Ade, Iwan Fals, Harry Roesli, Gombloh, Ully Sigar Rusady. Umumnya mereka
menciptakan lagu berupa kritik social,dan bahkan protes terhadap
pemerintah.misalnya PNS,penderitaan anak jalanan, generasi muda tanpa arah.
7.
Pendidikan
Norma Sosial
Music media untuk mengajarkan
norma-norma,aturan,sekalipun, tidak tertulis namun berlaku ditengah masyarakat.
Para pencipta lagu anak seperti Bu Kasur, pak Kasur, Pak Doljono, AT Mahmud,
Ibu Sud semua berupa mengajarkan anak-anak berprilaku sopan, halus, hormat
kepada orang tua, cinta keindahan, sayangi teman, dan binatang,patuh pada guru.
8.
Pelestari
Budaya
Lagu daerah yang berfungsi sebagai pelestari
budayanya,karena tema dan cerita didalam syair menggambarkan budaya secara
jelas.Syair lagu berasal dari pantunyang dilantunkan oleh masyarakat adat dan
daerah Indonesia. Lagu Jawa klasik yang popular seperti campur sari,keroncong.
9.
Pemersatu
Bangsa
Setiap bangsa memiliki lagu kebangsaan ( National Anthem ) yang mewakili cita rasa
estetik, semangat kebangsaan, dan watak dari budaya masing-masing. Lagu
kebangsaan Indonesia Raya ciptaan wage Rudolf Soepratman adalah lagu music yang
diciptakan untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang mendiami daerah wilayah
Nusantara yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil.Lagu yang berfungsi
sebagai pemersatu bangsa bukan sebagai lagu kebangsaan. Contohnya: Berkibarlah
benderaku, Bagimu Negeri, Indonesa Pusaka, Hari Merdeka, Rayuan pulau kelapa,
Mars Pancasila, Hallo-hallo bamdung,dan Syukur.
10.
Promosi Dagang
Musik yang dikreasikan untuk kepentingan
dagang,kini banyak berkembang seiring dengan laju pertumbuhan iklanyang
disiarkan melalui siaran radio dan televisi swasta diJakarta dan kota-kota
besar di Indonesia. Music iklan bisa dirancang oleh penciptanya secara
baru,tetapi juga ada berbentuk penggalan lagu yang sudah ada/popular,dan
digemari segmen pasar yang dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar